Putra Jokowi dan Najwa Shihab Meresmikan Pojok Baca di Markobar

Duta Baca Indonesia Najwa Shihab dan Gibran Rakabuming Raka meresmikan pojok baca di outlet Martabak Kota Barat (Markobar) Solo, Sabtu 20 Mei 2017, malam. Keberadaan pojok baca di rumah makan milik Gibran ini diharapkan mampu mengubah image `nongkrong` di kafe atau restoran menjadi lebih positif.

“Kita nongkrong di sini, melakukan aktivitas positif seperti membaca. Hasilnya pasti akan lebih baik,” tutur putra sulung Presiden Joko Widodo ini.

Menurut Gibran, kebanyakan remaja saat ini lebih menyukai melakukan aktivitas di media sosial. “Kami ingin remaja bisa menjadikan membaca sebagai aktivitas menyenangkan,” terangnya.

Pantauan Metrotvnews.com, pojok baca Markobar terdiri dari fasilitas ratusan buku. Buku-buku tersebut disusun pada beberapa rak.

Meski harus menghilangkan dua meja pelanggan untuk Pojok Baca, Gibran tak merasa keberatan. Tidak hanya di Solo, Pojok Baca juga ada di 26 outlet Markobar yang tersebar di Indonesia.

Bahkan, ia bersedia memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dapat menghidupkan Pojok Baca sekaligus meningkatkan minat baca masyarakat. “Saya siap memfasilitasi kegiatan pecinta buku di Markobar, seperti diskusi dan semacamnya,” tutur dia.

Gibran berharap, langkahnya diikuti pengusaha lainnya. Sehingga, minta baca masyarakat Indonesia dapat meningkat.

Berdasarkan hasil survei Central Connecticut State University Amerika Serikat yang dirilis pada 2016 bertajuk World’s literate Nation Ranked, Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara di dunia. “Kita hanya lebih unggul dari Botswana,” ungkap Najwa.

Najwa menjelaskan, mayoritas masyarakat Indonesia membebankan tanggung jawab meningkatkan minat baca di Indonesia hanya kepada pemerintah dan penggerak literasi. Padahal, meningkatkan minat baca adalah tanggung jawa bersama.

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah membuat ruang-ruang baca, seperti Pojok Baca di Markobar ini. Di sini masyarakat tak hanya bisa membaca, namun juga dapat menyumbangkan buku-bukunya,” ujar Najwa.

Pojok Baca Markobar menjadi pojok baca pertama di restoran dan pojok baca pertama yang diresmikan Duta Baca Indonesia Najwa Shihab. Pojok Baca selanjutnya akan dikembangkan di tempat publik, seperti bandara dan kantor polsek.

“Pengusaha peduli pada minat literasi, polisi peduli, semua orang peduli. Sehingga, mampu meningkatkan minat membaca menjadi gerakan bersama,” pungkas Najwa.

ArtikelAsli

Tinggalkan komentar